You are here: Home > Sepakbola > Bernd Schuster Sebut Fernando Hierro Tak Layak Latih Spanyol

Bernd Schuster Sebut Fernando Hierro Tak Layak Latih Spanyol

Written by on |
Fernando Hierro dan Sergio Ramos

Fernando Hierro dan Sergio Ramos (punditarena.com)

Pemecatan Julen Lopetegui dari posisi pelatih satu hari sebelum pembukaan ​Piala Dunia Rusia 2018 membuat Tim Nasional Spanyol menjalani turnamen tersebut dengan diwarnai berbagai drama di luar lapangan.

Luis Rubiales selaku presiden RFEF kemudian menunjuk Fernando Hierro sebagai pengganti Lopetegui. Sejauh ini, Ia mampu membawa La Furia Roja lolos ke babak 16 besar sebagai juara Grup B, tetapi performa timnya dalam tiga pertandingan dianggap tidak sesuai ekspektasi.

Bernd Schuster, mantan pelatih utama Real Madrid, menganggap penunjukkan Hierro sebagai pelatih yang menggantikan posisi Lopetegui di Tim Nasional Spanyol adalah sebuah kesalahan besar.

“Terdapat dua faktor yang menyulitkan Tim Nasional Spanyol saat ini, yang pertama adalah bahwa Fernando Hierro bukan merupakan seorang pelatih yang memiliki kualitas memadai untuk melatih mereka dan ia tidak memiliki pengalaman dalam situasi seperti ini,” ujar Schuster, dikutip dari Mundo Deportivo, Jumat, 29 Juni 2018.

Schuster menerangakan, para pemain timnas Spanyol sebelumnya sudah terbiasa dengan skema permainan yang diterapkan oleh Lopetegui. Faktor seperti itu yang menurut Schuster bisa membuat Spanyol juara Piala Dunia tahun 2010 silam.

“Skuat ini sudah terbiasa dengan pendekatan dari (Julen) Lopetegui, skema permainan yang ia terapkan, solusi ketika menghadapi permasalahan,” ujar Schuster.

Hierro, menurut Schuster, tidak memiliki pengalaman dan pengetahuan yang memadai untuk menghadapi berbagai skenario yang dapat terjadi di lapangan, dan juga menyiapkan solusi ketika timnya mengalami kesulitan.

Kendati begitu, Schuster menyebut kondisi seperti itu bukanlah kesalahan Hierro semata. “Kedatangannya dalam waktu yang sempit memang bukan merupakan kesalahan Hierro, tetapi hal ini membuatnya mengalami kesulitan yang besar,” pungkasnya.

Related Posts.