You are here: Home > Otomotif > Rio Haryanto Bisa ke Tim F1 Manor Marussia Asal Bawa Dana Rp 230 M

Rio Haryanto Bisa ke Tim F1 Manor Marussia Asal Bawa Dana Rp 230 M

Written by on |
Pembalap Indonesia Rio Haryanto

Rio Haryanto / bola.com

Keinginan rakyat Indonsia untuk melihat salah satu putra bangsanya berlaga di ajang balapan Formula 1 sudah di depan mata. Rio Haryanto secara resmi mendapat tawaran untuk bergabung ke Tim F1, Manor Marussia. Hal tersebut disampaikan oleh ibunda Rio, Indah Pennywati.

Namun langkah rio untuk ke F1 tidak semudah mebalikan telapak tangan. Meski tampil mengesankan di GP2 musim ini, Rio bukanlah pembalap ‘level alien’ yang bisa dengan gratis hijrah ke tim F1. Tim Manor memberikan syarat sejumlah dana dengan deadline 31 Oktober 2015, bila Rio ingin bergabung ke Manor.

“Ya Manor memberi deadline hingga 31 Oktober. Kalau kita bisa berikan dananya, langsung bergabung. Tapi kalau tidak, ya Rio harus melupakan F1 untuk musim depan,” kata Indah, dikutip dari bola.com, Kamis, 22 Oktober 2015.

Setelah tim Manor resmi mendapat pasokan mesin dari Mercedes dan teknologi dari Williams pada akhir bulan lalu, banyak yang memprediksi harga kursi di tim tersebut Rp 400 miliar. Namun ternyata harga kursi Manor tidak setinggi itu, untuk Rio, Manor hanya meminta dana sekitar Rp 230 miliar.

“Totalnya tidak sampai Rp 400 miliar. Riilnya kalau untuk tim Manor sekitar Rp 230 miliar hingga Rp 250 miliar,” terang Pennywati.

Rio bersama tim dan keluarganya kini sedang mencari dana kemana-mana agar bisa menghantarkan Rio ke Manor. Pennywati berharap janji Presiden Jokowi untuk membantu Rio mencari dana bisa ditepati. Dia juga berharap Menteri BUMN bisa ditemui untuk membahas tawaran Manor tersebut.

“Dulu waktu kami ke istana, Bapak Presiden kan menginstruksikan Menteri BUMN untuk membantu mencari dana. Kami masih menunggu jawaban, tapi belum dapat juga jawabannya. Kami juga berharap bisa bertemu dengan pihak-pihak terkait (Menteri BUMN) untuk membicarakan hal ini lebih serius,” pungkasnya.

Kuota pembalap untuk tim Manor saat ini diperebutkan oleh beberapa pembalap hebat selain Rio, seperti Alexander Rossi, Will Stevens, dan Pascal Wehrlein. Meski begitu, Indah Pennywati optimis putranya berpeluang besar masuk Manor karena kedekatannya dengan tim tersebut. Pada saat masih di GP3, rio sudah membela tim Manor Marussia.

Bagikan dan Berikan Komentar