You are here: Home > Raket > Positif Doping di Denmark Open, Lee Chong Wei Sempat Injeksi Sel Induk

Positif Doping di Denmark Open, Lee Chong Wei Sempat Injeksi Sel Induk

Written by on |
Lee Chong Wei

Lee Chong Wei / telegraph.co.uk

Pebulutangkis tunggal putra kebanggaan Malaysia, Lee Chong Wei, belakangan ini membuat gempar dunia olahraga karena kabar dirinya yang positif menggunakan doping saat mengkuti ajang Kejuaraan Dunia BWF World Championship 2014 di Kopenhagen, Denmark, 25-31 Agustus 2014.

Seorang sumber terdekat Lee mengatakan bahwa Lee Chong Wei membantah keras kabar tersebut meskipun dari pemeriksaan laboratorium di Oslo, Norwegia, menunjukan Lee positif doping. Lee juga membantah bahwa saat mengikuti kejuaraan Denmark Open 2014 dia mengonsumsi obat yang tidak dia sadari mengandung doping.

“Dia (Lee) mengatakan bahwa dia tidak menggunakan obat apapun selama Kejuaraan Dunia dan maka itu ia tidak mengisi formulir aplikasi obat-obatan tertentu (TUE),” kata seorang sumber, dilansir New Straits Time, Jumat (24/10/2014).

Sumber tersebut menjelaskan bahwa pada bulan Juli 2014, Lee Chong Wei lee menjalani pengobatan cidera ototnya di sebuah pusat olahraga medis di Malaysia, dalam pengobatan tersebut Lee disuntik (injeksi) sel induk sehingga kemungkinan besar bahan yang mengandung doping tersebut tercampur dengan sel induk.

“Dia merasa bahwa sesuatu yang mungkin telah dicampur, dan itu benar-benar sedih, karena ia tidak menyadari hal itu,” terangnya.

Kementerian Olahraga dan Institut Olahraga Nasional Malaysia belum mengeluarkan pernyataan terkait kasus doping yang menimpa pebulutangkis terbaiknya tersebut. Saat ini pihak Lee Chong Wei mengajukan uji sampel B setelah sampel A dinyatakan positif doping.

Bagikan dan Berikan Komentar